Aki Mobil Tekor? Kenali Penyebabnya



Penyebab Aki Mobil Tekor

Pernahkah Anda mengalami aki mobil tekor, sobat HIJ? Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan aki tekor, yuk kenali apa saja penyebabnya!

 

1. Mobil Jarang Digunakan

Penyebab aki mobil tekor yang paling umum dijumpai adalah mobil jarang digunakan. Mobil yang terlalu lama tidak dipakai akan menyebabkan turunnya tegangan listrik pada aki. Dalam kondisi mesin mati sekalipun, arus listrik tetap mengalir karena beberapa komponen terus memerlukan asupan listrik, salah satu contohnya adalah immobilizer.

Oleh karena itu, bila mobil jarang digunakan, pastikan Anda rutin memanaskan mobil untuk menjaga kondisi aki. Memanaskan mobil bisa dilakukan dengan mudah, cukup dengan menyalakan mesin kemudian didiamkan untuk beberapa menit. Hindari menyalakan radio atau AC mobil supaya tidak membebani kinerja aki.

Memanaskan mobil bisa dilakukan kapan saja, baik itu di pagi hari, siang hari, atau bahkan malam hari. Lakukan hal ini untuk beberapa menit setiap hari supaya aki mobil tetap prima.

 

2. Terlalu Banyak Aksesoris

Tidak sedikit pemilik mobil yang menambahkan aksesoris pada mobilnya. Aksesoris seperti lampu, audio, dan lain sebagainya sengaja dipasang untuk membuat tampilan lebih menarik atau membuat berkendara lebih asik.

Namun perlu diketahui bahwa tambahan aksesoris ini tentunya juga akan berdampak pada aki mobil. Semakin banyak aksesoris yang ditambahkan, semakin berat pula kinerja aki mobil, apalagi kalau jumlah aksesoris yang ditambahkan berlebihan. Hal ini akan membuat aki tekor dan mempersingkat umurnya.

 

3. Aki Sudah Berumur

Aki mobil juga memiliki usia pemakaian. Semakin lama aki dipakai, tegangannya pun juga semakin berkurang. Menurunnya kemampuan aki mobil bisa dilihat dengan cukup mudah, seperti adanya kesulitan saat menyalakan mesin.

Aki mobil yang sudah berumur dan menurun kemampuannya sebaiknya diganti dengan yang baru, hal ini bertujuan menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan saat berkendara, seperti mobil mogok di tengah perjalanan atau lampu mobil tidak menyala saat berkendara di malam hari.

 

4. Kesalahan Penggunaan

Kesalahan penggunaan mobil juga bisa berdampak pada aki. Misalnya saja menyalakan AC mobil secara berlebihan padahal tidak diperlukan, atau menghidupkan display audio saat kondisi mesin mobil mati. Hal-hal tersebut tentu saja akan mempengaruhi kondisi aki, dan akan membuat aki mobil tekor bila sering dilakukan.

 

Selain mengetahui penyebab aki mobil tekor, pastikan Anda juga memeriksa kondisi aki secara rutin. Pemeriksaan aki juga dilakukan saat perawatan berkala di bengkel resmi, tentunya dilakukan oleh teknisi berpengalaman dengan menggunakan peralatan yang memadai.

Pengecekan aki mobil secara rutin berfungsi mengetahui lebih awal kondisi aki yang sudah kurang baik sehingga Anda bisa segera menggantinya dengan yang baru. Hal ini akan membuat Anda lebih tenang saat berkendara, sekaligus membuat perjalanan bebas gangguan.