Tekanan Ban Bisa Sebabkan Mobil Lebih Boros



Tekanan Ban Pengaruhi Konsumsi Bahan Bakar Mobil

Semua pemilik mobil pasti berharap mobil mereka irit bahan bakar. Efisiensi bahan bakar ini sendiri dipengaruhi banyak faktor, seperti kondisi komponen mobil, kondisi jalan, atau gaya mengemudi. Bicara soal komponen mobil, ternyata ban juga mempengaruhi konsumsi bahan bakar sebuah mobil.

Tekanan ban merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan. Selain berhubungan dengan keselamatan berkendara, tekanan ban bisa membuat mobil lebih boros bahan bakar. Jika tekanan angin pada ban mobil kurang, permukaan ban yang bersentuhan dengan jalan semakin melebar, menimbulkan gesekan yang semakin besar pula. Hal ini juga membuat kinerja mesin semakin berat dan konsumsi bahan bakar lebih boros.

Selain tekanan angin, kondisi permukaan ban juga bisa membuat mobil boros bahan bakar. Ban mobil yang sudah tipis atau botak menyebabkan traksi permukaan ban tidak lagi maksimal, sehingga memperberat kinerja mesin, sekaligus membuat konsumsi bahan bakar meningkat.

Oleh karena itu, biasakan untuk sering memeriksa tekanan ban mobil Anda, pastikan sesuai dengan rekomendasi pabrik. Jangan lupa melakukan rotasi ban dan segera ganti ban mobil dengan yang baru apabila sudah tipis. Apabila pemilik mobil memperhatikan kedua faktor ban mobil ini, selain membuat mobil irit bahan bakar, keselamatan berkendara pun lebih terjamin.