5 Kebiasaan Buruk Saat Mengemudi yang Perlu Dihindari



5 Kebiasaan Buruk Saat Mengemudi yang Perlu Dihindari

Mengendarai mobil membutuhkan konsentrasi tinggi, terutama saat melaju dengan kecepatan tinggi. Hilangnya konsentrasi sebentar saja bisa berakibat fatal. Ada beberapa faktor yang bisa mengalihkan perhatian saat mengemudi, sekaligus meningkatkan resiko kecelakaan. Berikut adalah lima kebiasaan buruk saat mengemudi yang perlu dihindari.

 

1. Menggunakan smartphone

Menggunakan smartphone saat mengemudi adalah hal yang sangat berbahaya. Menjawab panggilan telepon saja bisa mengalihkan perhatian, apalagi kalau membaca dan membalas pesan. Hal ini akan mengalihkan konsentrasi untuk waktu yang cukup lama sehingga bisa menyebabkan kecelakaan bila kurang waspada dan lalu lintas padat.

 

2. Volume audio terlalu keras

Untuk menghilangkan rasa bosan, terutama ketika mengemudi sendirian, radio atau musik memang bisa mencegah Anda mengantuk. Namun, hati-hati dalam mengatur volumenya, karena suara audio yang terlalu keras bisa membuat suara lain di sekitar Anda tak terdengar. Misalnya saja sirine ambulans atau klakson kendaraan lain.

 

3. Bicara sambil menoleh

Ketika mengemudi bersama penumpang lain, tentunya akan terjadi percakapan. Namun, Anda tidak perlu menoleh ke arah penumpang di sebelah saat sedang berbicara, karena hal ini justru akan menghilangkan konsentrasi dan akan berbahaya. Biasakan untuk berbicara sambil tetap melihat ke depan dan memperhatikan kondisi jalan.

 

4. Tidak menggunakan lampu sein

Ketika sedang mengemudi, ingatlah bahwa Anda bukan satu-satunya pengguna jalan. Ada banyak kendaraan lain di sekitar Anda, sehingga lampu sein perlu dimanfaatkan dengan benar untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Contohnya saat ingin berpindah jalur atau hendak menyalip kendaraan lain, lampu sein akan membuat pengendara lain mengerti apa yang hendak Anda lakukan.

 

5. Melepas tangan dari setir

Melepas tangan dari setir merupakan kebiasaan buruk yang perlu dihindari saat mengemudi. Mungkin saja Anda sedang mengoperasikan audio atau AC mobil, atau bahkan sedang mengemudi sambil makan. Melepas satu tangan saja bisa berbahaya karena mempengaruhi refleks Anda, apalagi kalau melepas kedua tangan, tentu saja jauh lebih beresiko.