4 Tips Mencegah Mobil Turun Mesin



4 Tips Mencegah Mobil Turun Mesin

Mobil turun mesin tentunya akan menghambat aktivitas Anda, sekaligus menghabiskan waktu dan uang untuk perbaikan. Oleh karena itu, penting untuk selalu merawat mobil secara rutin supaya bisa terhindar dari turun mesin.

Turun mesin atau overhaul adalah proses di mana mesin mobil yang mengalami kerusakan harus dilepas untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan diperbaiki. Proses ini tentu saja membutuhkan waktu pengerjaan yang lebih lama.

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan mobil turun mesin, seperti usia mesin yang sudah tua, intensitas pemakaian yang tinggi, mesin overheat, kehabisan pelumas, masuknya air ke dalam mesin, atau timing belt putus. Lalu bagaimana cara mencegahnya?

 

1. Rutin melakukan perawatan berkala

Saat melakukan perawatan berkala, semua komponen mobil akan diperiksa secara teliti. Perawatan rutin ini bertujuan menjaga keawetan berbagai komponen termasuk mesin, sekaligus untuk menemukan adanya potensi kerusakan lebih awal sehingga bisa mengantisipasi terjadinya kerusakan yang lebih berat.

 

2. Mengganti oli mesin secara teratur

Oli mesin berfungsi sebagai pelumas untuk mengurangi gesekan antara komponen-komponen mesin mobil. Apabila kondisi oli mesin sudah kurang baik atau bahkan habis, maka bisa berdampak pada kerusakan mesin itu sendiri. Oleh karena itu, penting untuk melakukan penggantian oli mesin secara teratur.

 

3. Menghindari genangan air tinggi atau banjir

Mencegah mobil turun mesin juga bisa dilakukan dengan memilih rute yang tepat. Hal ini sangat penting terutama di saat musim hujan. Melewati jalan dengan genangan air yang tinggi atau menerjang banjir bisa berdampak buruk pada mesin mobil, karena air yang bercampur dengan kotoran bisa masuk ke dalam mesin dan menyebabkan kerusakan.

 

4. Berkendara dengan ramah

Cara berkendara juga berpengaruh terhadap kondisi mesin mobil. Kebiasaan memacu mobil terlalu cepat dan melakukan rem mendadak merupakan kombinasi yang buruk, karena hal ini akan memaksa mesin bekerja lebih berat. Biasakan untuk berkendara dengan santai, sehingga perjalanan juga lebih aman dan nyaman.

Selain itu, perhatikan juga muatan mobil Anda. Berkendara dengan jumlah penumpang atau barang yang melebihi kapasitas juga akan membuat kinerja mesin lebih berat.

 

Pastikan Anda selalu merawat mobil dengan baik, dan jangan abaikan perawatan berkala karena banyak manfaatnya. Jangan lupa untuk melakukan perawatan berkala di bengkel resmi untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.