Kenali Manfaat Spooring dan Balancing



Kenali Manfaat Spooring dan Balancing

Ketika mobil sedang melaju, roda merupakan komponen yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan. Hal ini membuat setelan roda mobil sangat berpengaruh terhadap kenyamanan dan kestabilan saat berkendara. Di sinilah manfaat Spooring dan Balancing akan terasa. Lalu kapan waktunya melakukan spooring dan balancing? Yuk simak penjelasan berikut ini!

 

Spooring

Tanda pertama yang menunjukkan perlunya dilakukan spooring adalah setir mobil bergerak sendiri ke kanan atau ke kiri saat berkendara dengan kecepatan rendah. Setir berhubungan langsung dengan roda, jadi apabila posisi setir tidak searah dengan posisi roda, ini menandakan perlunya dilakukan spooring.

Seiring dengan penggunaan mobil, Anda mungkin juga melihat posisi ban miring atau tidak sejajar saat parkir, misalnya roda depan tidak lurus dengan yang belakang. Hal ini menunjukkan salah satu ban tergeser dari posisi semula. Hal ini menandakan perlunya melakukan spooring untuk mengembalikan posisi ban.

Bila Anda merasakan getaran yang mengganggu saat berkendara, dan getaran tersebut semakin terasa seiring dengan bertambahnya kecepatan mobil, hal ini juga menjadi tanda perlunya dilakukan spooring.

 

Balancing

Selain membutuhkan spooring, sangat terasanya getaran saat mobil melaju juga menunjukkan perlunya melakukan balancing. Balancing sendiri bertujuan menyeimbangkan putara keempat roda mobil.

Jika Anda mengganti ban atau velg, maka balancing perlu dilakukan supaya roda yang baru bisa seimbang dengan roda yang lama. Penggunaan mobil terus-menerus juga dapat mempengaruhi putaran roda mobil, sehingga perlu dilakukan balancing setelah mobil mencapai batas kilometer tertentu.

 

Spooring dan Balancing bertujuan untuk membuat perjalanan Anda lebih nyaman. Oleh karena itu, ketika Anda merasakan ketidaknyamanan saat berkendara dan tanda-tandanya mengarah pada setir dan roda mobil, segera bawa mobil ke bengkel resmi untuk melakukan spoortin dan balancing.