Cara Mengatasi Bau Tidak Sedap di Kabin Mobil



Cara Mengatasi Bau Tidak Sedap di Kabin Mobil

Bau tidak sedap di kabin mobil jelas mengganggu kenyamanan berkendara, apalagi kalau Anda sering menggunakan mobil untuk beraktivitas. Yuk kenali penyebab dan cara mengatasinya.

 

Bau Apek

Bau tidak sedap di kabin mobil sering disebabkan oleh jamur pada evaporator AC. Evaporator memiliki fungsi mendinginkan udara yang masuk dari luar. Jika berjamur, tentu saja udara yang masuk ke kabin akan berbau apek.

 

Bau Bahan Bakar

Adanya bau bahan bakar di dalam kabin masih dianggap wajar saat baru menyalakan mesin mobil. Tetapi jika bau ini tidak hilang saat mesin sudah panas, maka Anda perlu waspada karena bisa saja ada komponen yang tersumbat, kendor, atau bocor.

 

Bau Telur Busuk

Bau tidak sedap lainnya adalah bau sulfur atau telur busuk. Adanya bau ini menandakan kinerja catalytic converter pada knalpot yang tidak sempurna, sehingga tidak mampu menyaring hidrogen sulfida dengan baik.

 

Bau Terbakar

Bau terbakar kadang juga muncul di dalam kabin mobil. Beberapa penyebabnya bisa berupa kebocoran oli yang masuk ke sistem pembuangan, v-belt yang terbakar, atau gesekan komponen yang tidak sempurna, contohnya antara cakram dan kampas rem.

 

Cara Mengatasinya

Bagaimana cara mengatasi bau tidak sedap di kabin mobil? Setelah Anda memastikan tidak ada kotoran pada dashboard, lantai mobil atau sela-sela kursi, Anda perlu membersihkan saringan udara, evaporator, dan berbagai komponen mobil lainnya.

Anda juga bisa memanfaatkan fogging untuk menghilangkan bau tidak sedap, sekaligus membunuh kuman dan bakteri di dalam kabin. Jika bau tidak sedap masih belum hilang, periksakan mobil Anda di bengkel resmi untuk memastikan tidak ada komponen yang rusak atau bocor.