Perawatan Mobil di Musim Hujan



Perawatan Mobil di Musim Hujan

Perawatan mobil di musim hujan menjadi semakin penting, di mana peran beberapa komponen sangat diperlukan untuk kelancaran berkendara. Hal ini disebabkan oleh kondisi jalan yang licin dan jarak pandang yang terbatas. Komponen apa saja yang perlu diperiksa saat musim hujan?

 

1. Mesin

Sebagai komponen penting dalam mobil, kondisi mesin harus selalu prima. Setiap komponennya harus dipastikan bekerja dengan baik supaya perjalanan tetap lancar. Jangan sampai mobil Anda mogok di tengah jalan dalam kondisi hujan.

 

2. Rem

Jalan yang basah dan licin mengharuskan rem bekerja lebih berat. Kondisi komponen-komponen seperti piringan rem, kampas rem, dan minyak rem perlu diperiksa dengan teliti.

Mengingat peran rem penting untuk keselamatan berkendara, pastikan tidak ada kebocoran dalam sistem rem mobil.

 

3. Ban

Pada saat hujan, kondisi ban penting untuk diperhatikan. Tapak ban harus dipastikan masih bagus supaya lebih aman ketika melewati jalan licin atau genangan air. Tekanan ban juga harus diperiksa karena akan berpengaruh terhadap kinerja ban itu sendiri.

Selain itu, jangan melewatkan pemeriksaan permukaan ban untuk mengetahui bila ada bagian yang sudah tidak rata atau bahkan sobek.

 

4. Wiper

Pemeriksaan wiper juga penting dalam perawatan mobil di musim hujan. Hujan lebat sangat membatasi jarak pandang, dan hal ini sangat berbahaya, apalagi ketika berkendara di malam hari yang gelap. Dalam kondisi seperti ini, kehadiran wiper mobil akan sangat membantu.

Pastikan kondisi karet wiper masih baik supaya bisa membersihkan air pada kaca mobil, dan jangan lupa memeriksa wiper di kaca belakang. Periksa juga isi tabung air pembersih kaca supaya siap digunakan ketika kaca mobil kotor saat perjalanan.

 

5. Kelistrikan

Di saat hujan, sistem kelistrikan mobil harus mendukung lebih banyak komponen sekaligus, seperti lampu, wiper, AC dan display audio. Periksa dan pastikan aki mobil serta komponen kelistrikan lainnya dalam kondisi baik.

 

Memastikan semua komponen yang telah disebutkan dalam kondisi baik sangat penting dalam perawatan mobil di musim hujan. Hal ini akan membuat Anda lebih tenang, sekaligus memperlancar perjalanan Anda.