Kenali Highway Hypnosis, Penyebab Kecelakaan di Jalan Tol



Kenali Highway Hypnosis, Penyebab Kecelakaan di Jalan Tol

Berkendara di jalan tol mengharuskan pengemudi selalu siaga, karena resiko kecelakaan lebih tinggi. Kenali sindrom Highway Hypnosis, yang merupakan salah satu penyebab kecelakaan di jalan tol.

Highway Hypnosis merupakan kondisi di mana pikiran pengemudi kosong saat melaju di jalan tol yang cenderung lurus dan panjang. Kondisi jalan tol yang panjang dan sepi seringkali membuat pengemudi merasa bosan, dan akhirnya mengantuk. Apabila terus dibiarkan, pengemudi bisa tertidur dalam waktu singkat.

Di jalan tol, mobil dipacu dengan kecepatan tinggi, sehingga pengemudi yang kehilangan konsentrasi sebentar saja bisa menyebabkan kecelakaan. Mobil bisa keluar jalur, menabrak pembatas jalan, atau bahkan menabrak mobil lain.

Untuk menghindari terjadinya highway hypnosis, pengemudi bisa mendengarkan musik dan ikut bernyanyi supaya tetap terjaga. Bahkan lebih baik lagi bila ada orang lain yang menemani sehingga bisa diajak berbincang. Alternatif lain, pengemudi bisa berhenti di tempat peristirahatan atau menepi untuk beristirahat sejenak.

Demi keselamatan berkendara, pastikan kondisi badan sehat sebelum berkendara di jalan tol yang panjang. Pastikan juga mobil dalam kondisi prima dengan melakukan perawatan berkala di bengkel resmi.