Intensitas Penggunaan Pengaruhi Kondisi Aki Mobil



Intensitas Penggunaan Pengaruhi Kondisi Aki Mobil

Aki sebagai salah satu komponen penting sebuah mobil perlu diperiksa secara rutin untuk memastikan kondisinya masih baik.

Tanpa kehadiran aki, mesin mobil pun tidak bisa menyala. Para pemilik mobil harus memperhatikan komponen yang satu ini. Salah satu faktor yang bisa mempengaruhi kondisi aki adalah intensitas penggunaan mobil itu sendiri.

Di masa pandemi ini, mobilitas sangat dibatasi sehingga mobil pun jarang digunakan. Tentu saja mobil yang diparkir terlalu lama akan mempengaruhi kondisi aki. Inilah alasan kenapa mobil yang jarang digunakan perlu dipanaskan secara rutin, supaya kondisi komponen-komponennya tetap terjaga, termasuk aki mobil. Memanaskan mobil bertujuan untuk menjaga suplai aliran listrik tetap tercukupi, sekaligus mencegah penurunan kapasitas listrik pada aki.

Sebaliknya, frekuensi penggunaan mobil yang terlalu intens juga bisa menurunkan performa aki, di mana air aki akan lebih cepat habis, terutama untuk aki basah. Hal ini bisa membuat mobil berhenti di tengah jalan.

Pastinya Anda tidak mau mobil mogok di tengah perjalanan kan? Sebagai pemilik mobil, periksalah aki mobil Anda secara rutin untuk memastikan aki dalam kondisi baik.