Tips Berkendara Aman di Jalan Tol



Tips Berkendara Aman di Jalan Tol

Tidak jarang kita menemukan berita terjadinya kecelakaan di jalan tol, oleh karena itu cara berkendara yang aman sangat penting ketika melaju di jalan tol demi keselamatan bersama.

Sebelum mulai mengemudi, pastikan Anda tidak mengantuk dan kondisi badan sedang prima, karena Anda harus tetap terjaga dan waspada ketika berkendara di jalan tol. Perhatikan kondisi jalan dan posisi mobil lain di sekitar Anda.

Jangan lupa memperhatikan kecepatan mobil saat melaju di jalan tol, ikuti batas kecepatan yang sudah ditetapkan. Atur kecepatan menyesuaikan dengan keberadaan mobil lain, selalu jaga jarak dengan mobil di depan Anda. Perhatikan juga komunikasi dengan pengemudi lain, seperti penggunaan lampu sein ketika ingin berpindah jalur atau mendahului.

Perhitungkan juga faktor cuaca, karena cuaca buruk juga semakin meningkatkan resiko kecelakaan. Nyalakan lampu ketika turun hujan lebat untuk membantu jarak pandang, serta tambah jarak aman karena pengereman membutuhkan waktu lebih lama saat kondisi basah.

Pastikan juga semua komponen mobil Anda berfungsi dengan baik. Adanya komponen yang rusak bisa berakibat fatal ketika sedang melaju di jalan tol.