Bolehkah Parkir Mobil dengan Ban Tidak Lurus?



Bolehkah Parkir Mobil dengan Ban Tidak Lurus?

Para pemilik mobil pasti sering mendengar atau bahkan disarankan untuk parkir mobil dengan posisi ban lurus, karena parkir dengan posisi ban tidak lurus bisa merusak komponen mobil seperti Power Steering. Apa betul demikian?

Mobil-mobil baru saat ini telah dilengkapi dengan Electric Power Steering (EPS), dan sistem ini bekerja dengan mengandalkan motor elektrik. Dalam kondisi mesin mati, tidak ada penyaluran tenaga sehingga posisi ban saat parkir tidak berpengaruh.

Berbeda dengan mobil lama yang masih menggunakan sistem Hydraulic Power Steering, di mana posisi ban yang berbelok (apalagi setir diputar sampai penuh) bisa mempengaruhi cairan dalam sistem hidrolik dan membuatnya kurang awet.

Walaupun mobil dengan EPS tidak perlu kuatir dengan posisi ban, tetapi ada baiknya tetap parkir dengan posisi ban lurus untuk alasan keselamatan. Misalnya pengemudi parkir dengan posisi ban berbelok kemudian hendak berkendara lagi, sedangkan pengemudi lupa posisi ban dan langsung maju atau mundur, maka mobil bisa menabrak tembok, benda lain atau bahkan mobil lain.

Hal ini sangat penting untuk diperhatikan, apalagi ketika parkir di tempat yang penuh mobil atau ketika mobil Anda perlu didorong, tentu saja posisi ban yang berbelok akan berbahaya. Jadi, sebaiknya selalu ingat untuk meluruskan ban mobil ketika parkir.