Cara Aman Hadapi Tanjakan & Turunan Dengan Mobil Matic



Cara Menghadapi Tanjakan & Turunan dengan Mobil Matic

Saat ini mobil matic lebih digemari karena pengoperasiannya dianggap lebih mudah, apalagi ketika harus melewati medan yang sulit. Menggunakan transmisi matic sekalipun, ada cara tersendiri saat melewati tanjakan dan turunan supaya lebih aman, bagaimana caranya?

Menghadapi jalan menanjak yang curam dan panjang, menancap pedal gas saja tidak cukup karena mesin akan bekerja keras namun tetap terasa berat. Pindahkan transmisi secara manual ke posisi L (Low) supaya kendaraan bisa menanjak dengan lebih mudah.

Pada posisi L, transmisi akan tetap berada di posisi rendah, memberikan dorongan lebih besar supaya mobil bisa melaju naik dengan lebih mudah. Memindahkan transmisi ke posisi rendah juga meringankan beban mesin ketika menanjak.

Begitu pula ketika melewati jalan menurun, mempertahankan transmisi di posisi rendah akan menjaga kecepatan kendaraan supaya tidak meluncur turun dengan kecepatan tinggi. Hal ini juga akan mempermudah pengemudi dalam melakukan pengereman.

Gunakan teknik mengemudi yang benar supaya transmisi, mesin dan rem mobil matic Anda lebih awet. Pastikan kondisi ketiga komponen ini selalu prima dengan melakukan service berkala secara rutin supaya perjalanan lebih aman.