Manfaat Pengecekan Kondisi Velg Mobil



Manfaat Pengecekan Kondisi Velg Mobil

Halo Honda lovers, selain melakukan pengecekan ban mobil secara rutin, ternyata velg juga perlu dicek lo. Kenapa velg mobil juga perlu diperiksa secara rutin?

Velg mobil merupakan komponen yang juga bisa rusak. Pemilik mobil seringkali hanya memeriksa ban mobil tanpa memeriksa velg, dan hal ini bisa berpotensi pecahnya velg ketika berkendara. Apalagi di musim hujan, banyak sekali dijumpai jalan berlubang sehingga resiko velg pecah semakin meningkat.

Salah satu faktor yang bisa menyebabkan velg pecah adalah tekanan angin ban. Bila ban mobil yang memiliki tekanan angin kurang dari standar terguncang, misalnya ketika melewati jalan berlubang, maka efek guncangan pada ban akan diteruskan ke velg. Penggunaan ban mobil profil tipis atau tidak sesuai standar juga semakin memperbesar resiko pecahnya velg.

Faktor lainnya adalah retak pada velg. Berbeda dengan goresan kecil yang masih terbilang wajar, velg yang retak perlu diganti dengan yang baru karena konstruksinya sudah berubah. Hal ini akan mempengaruhi kenyamanan dan sistem pengendalian mobil, dan bisa berakibat kecelakaan saat berkendara.

Pastikan untuk mengecek velg mobil secara rutin untuk memastikan kondisinya masih baik sehingga perjalanan Anda tetap aman dan lancar.