Kenali Tanda Kampas Kopling Mobil Mulai Habis



Kenali Tanda Kampas Kopling Mobil Mulai Habis

Kampas kopling memiliki peranan penting dalam berkendara. Fungsinya adalah untuk menyalurkan tenaga mesin ke gearbox transmisi. Bila kampas kopling mulai habis atau tipis, tenaga yang dihasilkan oleh mesin tidak bisa optimal. Akibatnya tenaga yang tersalur pada roda menjadi berkurang.

Umumnya, kampas kopling mobil masih dapat berfungsi dengan baik hingga 50 – 80 ribu kilometer tergantung pada gaya mengemudi. Mengingat pentingnya komponen tersebut, kampas kopling yang mulai aus harus segera diganti. Berikut adalah tanda-tanda kampas kopling mulai habis:

1. Akselerasi lambat

Tarikan lambat pada mobil merupakan gejala umum kampas kopling mulai habis. Kampas aus menyebabkan tenaga mesin turun sehingga mengakibatkan akselerasi mesin melemah. Sebagai akibatnya, butuh waktu lama untuk memaksimalkan kecepatan, padahal putaran RPM sudah tinggi.

2. Bau hangus

Kampas kopling yang mulai aus biasa ditandai dengan bau gosong seperti karet terbakar. Bau gosong apapun itu wajib diwaspadai. Awalnya, bau ini tercium di luar mobil. Namun lama-lama bau ini dapat tercium dari dalam kabin mobil, menandakan kondisi kampas kopling semakin serius. Ketika masalah ini terjadi, segera bawa mobil ke bengkel.

3. Sulit memindah gigi

Kesusahan mengoper gigi menandakan ada masalah pada kendaraan Anda. Memang masalah ini tidak selalu disebabkan oleh menipisnya kampas kopling. Tetapi memaksakan menggunakan kampas aus dapat menyebabkan kerusakan pada kabel tuas persneling dan kabel kopling. Akibatnya, persneling mobil menjadi keras. Kesulitan memindah gigi ini dapat terjadi pada mobil manual maupun matik.

4. Selip kopling

Semakin melemahnya pegas-pegas kopling menyebabkan kopling mobil selip. Kondisi ini biasanya dirasakan pada jalanan menanjak. Walaupun pedal gas sudah diinjak dalam-dalam, mobil terasa tidak bertenaga. Sementara itu, suara mesin mobil terdengar meraung-raung. Tetapi, mobil tetap tidak kuat menanjak.

5. Pedal kopling menjadi tinggi

Pernahkah Anda merasakan posisi pedal kopling menjadi lebih tinggi? Hal ini adalah salah satu ciri kampas kopling mulai habis. Beberapa pengemudi mungkin tidak menyadarinya karena hal ini terjadi sedikit demi sedikit sampai pada akhirnya injakan kopling terasa dalam.

6. Suara menderit saat menginjak pedal kopling

Pada mobil manual, seharusnya kopling tidak bersuara ketika diinjak. Jika sampai mengeluarkan bunyi, berarti ada masalah dengan kopling tersebut. Kopling terdiri dari beberapa plat yang berputar. Fungsi dari kampas kopling adalah untuk mengurangi gesekan dari plat-pat tersebut. Bunyi ini menandakan kampas atau bantalan kopling mulai aus. Bunyi yang semakin keras dan sering menandakan kerusakan sudah merembet ke bagian kopling yang lain misalnya plat kopling oleng atau bengkok.

7. Boros BBM

Borosnya penggunaan bahan bakar dapat disebabkan oleh banyak faktor salah satunya mulai menipisnya kampas kopling. Saat kampas kopling menipis, injakan gas pasti menjadi lebih dalam untuk membuat mobil bergerak maju. Otomatis, tenaga yang dibutuhkan lebih besar. Hal inilah yang membuat bahan bakar yang dikonsumsi juga lebih besar.

__________

Itulah tanda-tanda kampas kopling mulai habis. Segera bawa mobil ke bengkel ketika merasakan gejala-gejala tersebut. Terlambat mengganti kampas kopling dapat menyebabkan kerusakan pada komponen lain. Selain itu, mengemudi dengan kampas kopling aus sangat berbahaya terutama saat di tanjakan atau saat menyalip kendaraan lain. Mobil memang masih bisa melaju tetapi tenaganya tidak maksimal. Mobil bisa saja tiba-tiba macet saat berada di tanjakan curam.