Tips Merawat Mobil di Musim Panas



Tips Merawat Mobil di Musim Panas

Mobil merupakan sarana transportasi yang terus bergerak melewati berbagai kondisi jalan dan cuaca, sehingga perlu dirawat dengan baik supaya kondisinya tetap prima.

Merawat mobil saat musim panas cenderung lebih mudah dibandingkan musim hujan. Perawatan secara mandiri memang memakan waktu dan tenaga, tetapi komponen-komponen mobil Anda juga akan lebih awet.

Yuk ikuti langkah-langkah perawatan berikut ini agar mobil tetap prima di musim panas:

1. Memilih tempat parkir yang teduh

Usahakan mobil Anda selalu terparkir di tempat tertutup. Ketika parkir di rumah, parkir di dalam garasi atau di bawah kanopi sangat disarankan. Dengan demikian, mobil tidak terkena panas matahari secara langsung.

2. Merawat eksterior mobil

Panas matahari yang menyengat bisa berdampak buruk bagi cat mobil. Pemolesan bodi mobil secara teratur bisa menjadi salah satu langkah mengantisipasinya. Memberikan lapisan pelindung cat juga akan bermanfaat.

Kebersihan juga perlu diperhatikan, saat musim kemarau banyak debu beterbangan terbawa angin dan menempel di bodi mobil. Sebaiknya Anda mencuci mobil setidaknya seminggu sekali supaya bersih dari debu dan kotoran.

3. Merawat wiper dan kaca mobil

Saat parkir di rumah dan terkena sinar matahari, tegakkan wiper supaya tidak menyentuh kaca mobil yang panas. Wiper yang terus bersentuhan dengan kaca bersuhu tinggi akan cepat mengeras.

Jika kaca banyak ditempeli debu, bersihkan dengan menggunakan kanebo. Ketika mengelap kaca, jangan terlalu ditekan karena bisa tergores.

4. Memeriksa pendingin mobil

Sistem pendingin mobil berperan penting ketika berkendara di cuaca panas. Untuk menjaga sistem ini tetap berfungsi normal, periksalah tingkat cairan pendingin mobil Anda. Lakukan hal ini ketika mesin dalam kondisi mati dan dingin.

Selain sistem pendingin, pastikan juga AC mobil berfungsi dengan baik, karena interior mobil juga akan memanas bila terkena sinar matahari. Bersihkan filter AC secara rutin supaya AC terus bekerja dengan normal.

5. Merawat interior mobil

Jok dan dashboard mobil yang sering terkena panas matahari akan lebih cepat kusam dan retak. Untuk mencegahnya, Anda bisa mentupi mobil Anda bila terpaksa parkir di tempat terbuka.

6. Memperhatikan tekanan ban

Ketika musim panas, suhu yang tinggi akan menyebabkan udara dalam ban mobil mengembang. Periksa ban secara rutin untuk memastikan tekanannya sesuai rekomendasi, termasuk ban cadangan juga harus diperiksa.

______________________________

Demikian beberapa tips merawat mobil di musim panas yang bisa Anda lakukan secara manual. Jangan lupa untuk melakukan servis berkala untuk memelihara komponen-komponen mobil lainnya. Semoga bermanfaat guys!