Mau Lebih Irit BBM?



Tips Lebih Irit BBM

Naiknya harga Bahan Bakar Minyak (BBM) dari tahun ke tahun memaksa kita untuk irit BBM tanpa mengurangi jarak tempuh. Misalnya jarak rumah dengan tempat kerja sejauh 10 kilometer, dan mesti Anda tempuh setiap hari dengan konsumsi BBM sebanyak empat liter untuk pulang dan pergi.

Jika Anda bisa mengiritnya, sisa uang BBM bisa digunakan untuk kebutuhan lain. Apalagi beda kendaraan berbeda pula tingkat konsumsi BBM-nya. Maka dari itu, simak tips di bawah supaya pengeluaran lebih ekonomis dan bermanfaat.

 

Cari Jalan yang Lancar dan Tidak Bergelombang

Bahan bakar lebih dibutuhkan oleh mesin yang bekerja keras. Dan mesin bekerja lebih keras salah satunya ketika melintasi jalanan  menanjak, menaikkan kecepatan, dan sebagainya. Jarak tempuh yang sedikit lebih jauh tetapi jalannya mulus dan lancar, akan lebih baik daripada jalan yang bergelombang naik turun atau berkelok meski lebih dekat.

 

Berkendara dengan Santai

Maksud berkendara dengan santai adalah tidak agresif. Contoh berkendara agresif misalnya melaju dengan kecepatan tidak konstan, di mana kecepatan sering sekali naik dan turun, lantas bermain gas dan rem, atau lain sebagainya.

Hal-hal demikian juga akan membuat bahan bakar lebih boros. Jagalah putaran mesin mobil Anda. Usahakan kecepatan tetap konstan, dengan begitu Anda sudah mengupayakan pengiritan BBM.

 

Atur Kecepatan Mobil

Selain santai, untuk semakin mengirit BBM Anda bisa berkendara dengan lebih pelan. Pelan di sini didefinisikan sebagai kecepatan maksimal 40 kilometer, dan hasilnya konsumsi BBM akan lebih rendah.

Berkendara santai dan pelan sangat disarankan. Selain mampu menghemat BBM, juga bisa meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan.

 

Melihat Indikator Eco

Kebanyakan mobil sudah memiliki fitur ini. Jika lampu indikator Eco menyala, berarti Anda melaju dengan kecepatan yang disarankan untuk lebih mengirit BBM. Dengan memperhatikan indikator Eco ini, Anda bisa berkendara dengan lebih efisien.

 

Memperhatikan Tekanan Ban

Tekanan angin pada ban mobil juga berpengaruh. Semakin kempes ban, maka daya gesek antara ban dengan aspal semakin besar, mengakibatkan tarikan mesin semakin berat, dan akhirnya konsumsi BBM menjadi lebih besar.

Namun jangan pula dipompa terlalu keras. Setiap jenis ban dan kendaraan memiliki standar tekanan angin berbeda.

 

Demikian tips irit BBM dari Honda Istana Jember, semoga bermanfaat ya guys!