Persiapan Berkendara di Saat Hujan



Persiapan Berkendara di Saat Hujan

Bagi beberapa orang, mengendarai mobil ketika turun hujan merupakan hal yang tidak mudah. Apalgi tingkat kecelakaan di jalan raya ketika cuaca hujan lebih tinggi dibandingkan ketika cuaca panas. Jalanan yang basah dan jarak pandang yang terganggu menyebabkan pengemudi harus ekstra hati-hati.

Tapi apa pun yang terjadi, sebagian orang dituntut untuk tetap mengemudi ketika hujan. Baik karena pekerjaan atau karena hal darurat lainnya. Namun, jika Anda salah satu orang yang harus berkendara ketika cuaca hujan, lakukanlah hal-hal berikut ini supaya perjalanan Anda aman dan terbebas dari kecelakaan.

 

1. Pilihlah Rute/Jalan Yang Mudah dan Aman

Pilihlah rute yang mudah, aman, dan biasa Anda lalui. Dengan memilih rute yang biasa Anda lalui, konsentrasi Anda akan tetap terjaga. Jika tujuan Anda adalah tempat atau daerah yang baru, yang belum pernah Anda datangi sebaiknya cari tahu lebih dahulu informasi rute jalan yang akan Anda lalui.

Dengan memilih rute, Anda tetap dapat berkonsentrasi saat mengemudi tanpa takut akan tersesat. Maka pilihlah rute perjalan yang baik.

 

2. Periksa Lampu Mobil

Pastikan bahwa lampu mobil Anda berfungsi dengan baik atau menyala semua. Lampu mobil Anda juga harus sesuai dengan keadaan hujan, yaitu lampu yang mampu membantu pandangan Anda ketika hujan.

Selain itu lampu ini juga berfungsi untuk memberi tanda bagi para pengemudi yang lain.

 

3. Periksa Kondisi Ban Mobil

Hujan menyebabkan kondisi jalanan licin. Maka dari itu, pastikan bahwa ban mobil Anda masih memiliki alur yang baik. Alur pada ban berfungsi untuk menghidari mobil melayang dan tergelincir.

Jika ban mobil sudah tipis, sebaiknya segera ganti yang baru. Tekanan udara ban mobil juga perlu diperhatikan supaya keseimbagan mobil saat berjalan dapat terjaga.

 

4. Periksa Komponen Utama Mobil

Sebelum bepergian di cuaca hujan pastikan Anda telah memeriksa kemudi, pedal rem, gas maupun kopling. Sedikit saja masalah pada komponen utama ini akan membawa masalah serius kepada Anda saat mengendarai mobil Anda. Pastikan semua dapat berfungsi dengan baik, sehingga Anda dapat terhindar dari kecelakaan di jalan raya.

 

5. Pastikan Membawa Emergency Kit

Emergency kit perlu Anda bawa ketika mengendarai mobil, baik ketika cuaca hujan atau cuaca panas.

Selain karena peraturan, tetapi emergency kit ini juga akan memberikan manfaat bagi Anda ketika menghadapi masalah di perjalanan.

 

6. Bawalah Payung dan Jas Hujan

Payung dan jas hujan akan sangat Anda butuhkan, jika Anda harus berhenti di tengah perjalanan. Misalnya, ketika mobil mogok atau karena Anda ada keperluan mendesak lainnya.

Payung dan jas hujan bisa Anda pakai saat harus keluar dari mobil.

 

7. Pakai Alas Kaki Yang Tidak Licin

Perhatikan alas kaki yang akan Anda gunakan nantinya. Di dalam mobil Anda harus menginjak gas dan rem, sehingga kondisi alas kaki yang Anda gunakan sangat penting.

Sebaiknya Anda memakai alas kaki yang tidak licin dan tahan air, supaya Anda nyaman untuk menginjak gas dan rem.

 

8. Periksa Wiper dan Cairan Pembersih Jendela Mobil

Kondisi wiper dan cairan pembersih jendela mobil harus dalam keadaan normal. Hati-hati pada hujan pertama setelah kemarau panjang, biasanya Anda lalai memeriksa wiper mobil Anda.

Kemungkinan karena terlalu lama dibiarkan wiper mobil Anda sudah getas, sehingga kemampuan menyapu air tidak maksimal lagi.

***

Tips-tips tersebut perlu Anda lakukan sebelum Anda pergi mengendari mobil ketika cuaca hujan. Dengan melakukan tips-tips di atas, Anda akan merasa nyaman saat bepergian ketika cuaca hujan.

Tapi, yang terpenting yang harus Anda lakukan sebelum pergi berkendara ketika cuaca hujan adalah berdoa kepada Tuhan agar Anda senantiasa dilindungi dan selamat sampai di tujuan.