Bagaimana Merawat Mobil Yang Sering Parkir di Luar



Merawat Mobil Yang Sering Parkir di Luar

Mobil akan tampak indah dengan faktor eksterior, terutama catnya. Namun perlu diketahui bahwa, keadaan cuaca yang sering berubah seperti panas dan hujan dapat mempengaruhi keindahan tampilan mobil. Apalagi untuk mobil yang sering di parkir di tempat terbuka, harus ekstra waspada terhadap faktor cuaca. Ketika keadaan cuaca yang semula panas kemudian mendadak hujan, akan membuat bagian eksterior sekaligus interior rentan mengalami kerusakan.

Bagaimanapun juga, Anda tidak bisa menghindari keterlibatan mobil yang Anda miliki dengan cuaca hujan atau panas. Anda juga tidak bisa memungkiri jika dapat saat tertentu harus memarkir mobil di tempat yang terbuka. Jadi, yang paling penting untuk Anda lakukan adalah tindakan untuk merawat mobil kesayangan Anda.

Meskipun merawat mobil membutuhkan waktu yang cukup lama dan agak melelahkan, tapi Anda dapat melakukan perawatan sendiri sehingga tidak perlu mengeluarkan banyak biaya. Agar mobil Anda dapat terlihat lebih bersih dan terawat, maka coba praktikkan tips-tips berikut ini: 

1. Perawatan Terhadap Ban Bobil

Untuk merawat ban mobil agar ban tidak mudah getas dan pecah-pecah, Anda dapat megggunakan semir ban. Memberikan semir pada ban bertujuan agar ban mobil lebih optimal saat terparkir lama di bawah sinar matahari.

Selain itu semir ban dapat membantu ban tahan terhadap perubahan suhu udara.

2. Perawatan Terhadap Cat Mobil

Mobil akan tampak indah jika catnya tampak mengkilap. Tapi kenyataannya panas matahari dan hujan dapat membuat warna cat memudar sehingga berpengaruh terhadap rasa keindahannya. Untuk itu Anda perlu menggunakan wax mobil.

Gunakan secara berkala, minimal 3 bulan sekali. Wax mobil memiliki kemampuan untuk menjaga lapisan luar pada cat mobil sehingga cat mobil Anda akan tetap dalam kondisi baik.

3. Memilih Kaca Film Yang Tepat

Agar suhu udara di dalam mobil tetap sejuk, gunakan kaca film yang dapat meredam panas dan menolak sinar ultraviolet.

Dengan menggunakan kaca film, panas matahari akan tereduksi sebelum masuk ke dalam mobil sehingga jok serta dashboard mobil Anda akan tetap awet.

4. Perawatan Interior Mobil

Sinar matahari yang langsung masuk ke dalam mobil akan berakibat pada jog dan dashboard mobil. Tanda-tanda ini diawali dengan muncul beberapa retakan kecil di bagian jog atau dashboard mobil.

Cara untuk menghidari masalah ini adalah dengan memberikan cairan pelindung/lotion khusus untuk jok mobil Anda.

5. Perawatan Terhadap Kaca Jendela Mobil

Pastikan ketika memarkir mobil, jangan menutup jendela terlalu rapat supaya sirkulasi udara berlangsung di dalam mobil. Sirkulasi udara perlu karena dapat menjaga kestabilan suhu mobil Anda.

Tapi ingat, jangan buka terlalu lebar karena berbahaya terhadap keamanan mobil Anda.

6. Cuci Mobil Minimal Seminggu Sekali

Saat cuaca panas, mobil Anda akan sangat berdebu. Sebaliknya kekita musim hujan, percikan air yang jatuh ke tanah juga akan menyebabkan bagian bawah mobil Anda terkena lumpur. Tentu saja akan menurunkan nilai keindahan dari mobil Anda.

Jadi, dengan mencuci mobil secara teratur, mobil Anda akan bersih dari debu atau lumpur yang dapat menyebabkan masalah pada cat atau eksterior mobil Anda.

7. Gunakan Sarung Mobil

Cara ini yang paling ampuh, sebab sarung mobil pada dasarnya dirancang untuk menjaga eksterior mobil Anda. Tapi jangan sampai salah pilih sarung mobil, karena sarung mobil yang salah akan berdampak buruk juga bagi mobil Anda.

Sarung mobil yang cocok adalah water repellent, karena dapat melindungi mobil dari radiasi ultraviolet. Dengan memakai sarung mobil water repellnet, eksterior mobil Anda akan terlindungi secara maksimal.

***

Demikan tips-tips yang bisa Anda lakukan untuk merawat mobil Anda yang sering terparkir di luar. Dengan melakukannya secara teratur dan benar maka mobil Anda akan tetap terjaga keindahannya baik eksteriornya maupun interiornya.