Fungsi Spoiler Mobil Bukan Sekedar Hiasan



Kenali Fungsi Spoiler Mobil

Kehadiran spoiler memang membuat mobil terlihat lebih keren. Namun, spoiler mobil bukan sekedar hiasan, tetapi juga memiliki fungsi lain yang berhubungan dengan performa dan keselamatan berkendara. Yuk kenali fungsi spoiler mobil.

 

Mobil Lebih Aerodinamis

Spoiler berfungsi meningkatkan aerodinamika sebuah mobil dengan memanfaatkan aliran udara di sekitarnya untuk meningkatkan tekanan ke bawah, sehingga membuat mobil lebih stabil saat melaju. Fungsi spoiler mobil ini akan sangat terasa ketika melaju dengan kecepatan tinggi, di mana spoiler mengurangi resiko mobil terangkat dan melayang.

Contohnya ketika melintasi jalan tol, di mana kendaraan cenderung dipacu pada kecepatan tinggi. Terpaan angin menjadi lebih kencang dan memperkuat daya angkat mobil. Kehadiran spoiler bisa mengurangi daya angkat ini, sekaligus membuat mobil lebih mudah dikendalikan.

 

Mengurangi Kotoran di Belakang

Fungsi spoiler mobil lainnya adalah untuk mengurangi kotoran dan debu dari belakang. Turbulensi bisa terjadi di bagian belakang mobil, dan hal ini akan mendatangkan banyak debu. Spoiler mampu mengurangi turbulensi tersebut, yang akhirnya juga mengurangi debu yang menempel pada kaca belakang mobil.

 

Pemasangan Spoiler Mobil

Setiap mobil tentu sudah dirancang dengan mempertimbangkan faktor aerodinamika. Beberapa mobil juga sudah dilengkapi dengan spoiler di bagian belakang, namun ada juga yang masih belum memilikinya.

Memodifikasi atau menambahkan spoiler boleh saja dilakukan, tetapi posisi pemasangannya harus diperhatikan. Jangan sampai penambahan spoiler justru mengurangi aerodinamika mobil, karena hal ini akan berbahaya.

Supaya fungsi spoiler mobil bisa maksimal, pilihlah spoiler yang sesuai dengan spesifikasi mobil Anda, dan pastikan pemasangan dilakukan dengan benar, di posisi yang benar pula.